PERUMUSAN STRATEGI USAHA MENGGUNAKAN IFE, EFE, IE, SWOT, DAN QSPM

Audia Nur Safitri, Siti Arbainah

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk merumuskan strategi usaha pada Coffee Shop di Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, kuesioner, dan observasi. Analisis data menggunakan Matriks IFE, EFE, IE, SWOT, dan QSPM yang menunjukkan hasil skor tertimbang IFE sebesar 2,691 dan skor tertimbang EFE sebesar 2,870. Hasil analisis Matriks IE berada pada kuadran V yang menunjukkan posisi usaha “Ditahan dan Dijaga”, sehingga strategi yang dapat diterapkan adalah strategi pengembangan produk dan penetrasi pasar. Terdapat 10 strategi yang didapatkan berdasarkan Matriks SWOT, kemudian melalui QSPM dihasilkan prioritas alternatif strategi yang sesuai untuk Coffee Shop di Kecamatan Tembalang, yaitu menjaga kualitas dan konsistensi rasa produk serta melakukan inovasi produk melalui kerja sama dengan pemasok agar produk tetap sesuai dengan minat pelanggan dengan TAS sebesar 6,382.

Keywords


Coffee Shop, Matriks IFE dan EFE, IE, SWOT, QSPM

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37932/j.e.v13i1.673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.